Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Bawah Komando Airlangga Hartarto, Indonesia Mampu Hadapi Tantangan Ekonomi Global

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 12 Januari 2023, 16:59 WIB
Di Bawah Komando Airlangga Hartarto, Indonesia Mampu Hadapi Tantangan Ekonomi Global
Tubagus Ace Hasan Syadzily/Ist
rmol news logo Indonesia diprediksi akan ikut terpapar resesi global pada 2023. Untuk itu, setiap komponen bangsa harus ikut memberikan solusi agar negara tak mengalami resesi berkepanjangan.

Demikian disampaikan Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily, saat memberikan orasi ilmiah di acara Wisuda Sarjana Sekolah Tinggi Ekonomi (STIE) Yasa Anggana Garut, Kamis (12/1).

“Sinyal resesi global ini semakin kuat. Namun demikian tentu kita harus mampu menghadapinya dengan sikap optimis,” kata pria yang akrab disapa Kang Ace tersebut, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Disebutkan Kang Ace, Partai Golkar sudah mengisyaratkan agar bangsa ini berhati-hati dalam menghadapi resesi global akibat the perfect storm atau tantangan 5C ini.

“Lima C pertama adalah Covid-19. Seperti diketahui, pandemi Covid-19 belum usai. Kedua, adalah konflik (conflict) di Ukraina dan ketiga, commodity prices,” tutur Kang Ace.

Selanjutnya, C keempat adalah cost of living atau krisis biaya hidup. Dan terakhir, climate change atau perubahan iklim.

“Apa yang terjadi dengan Covid-19 selama hampir 2,5 tahun telah menimbulkan berbagai permasalahan di bidang kesehatan dan ekonomi menjadi porak-poranda. Namun begitu Indonesia jauh lebih baik dalam penanganannya sehingga kita berhasil melewatinya,” jelas Kang Ace.

Begitupun dengan perubahan iklim yang terjadi selama ini dan beberapa waktu ke depan, sebut Kang Ace, telah berpengaruh pada berbagai sektor kehidupan. Seperti pada perubahan masa tanam dan masa panen.

“Dulu masih ingat kalau masuk bulan ‘ber-ber' baru hujan. Sekarang Januari justru hujan lebat, bukan kemarau. Belum lagi ada iklim baru yang menyebabkan Elnino, Lanina dan lain-lain. Itu semua membawa perubahan bagi krisis yang cukup signifikan,” paparnya.

Kang Ace menjelaskan, beberapa negara telah mengalami kekurangan pangan akibat krisis global tersebut. Namun sekali lagi Indonesia berhasil menghadapinya.

“Di saat semua negara di dunia mengahadapi stagflasi. Indonesia justru mencatatkan pertumbuhan positif,” ungkap dia.

Dalam pandangan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI ini, sebenarnya tidak mudah menjaga tren positif tersebut. Tapi Indonesia berhasil menghadapi berbagai tantangan global ini. Salah satu faktor penentunya adalah kebijakan yang tepat pemerintah di bawah komando Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Melalui tangan Pak Menko Airlangga Hartarto ini alhamdulillah Indonesia mampu mencatatkan prestasi luar biasa dalam menghadapi berbagai tantangan global,” demikian Kang Ace. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA