Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Buntut Bentrok Morowali, Pimpinan Komisi VII Minta PT GNI Diaudit

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 16 Januari 2023, 12:53 WIB
Buntut Bentrok Morowali, Pimpinan Komisi VII Minta PT GNI Diaudit
Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno/Net
rmol news logo Bentrokan karyawan WNA dan WNI di PT GNI Morowali Utara Sulawesi Tengah yang menewaskan sedikitnya dua orang diminta untuk diusut tuntas oleh Pimpinan Komisi VII DPR RI.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno menuturkan, investigasi menyeluruh harus dilakukan untuk mencari tahu penyebab terjadinya kerusuhan di perusahaan nikel tersebut.

"Kerusuhan harus diusut tuntas sehingga jelas siapa yang memprovokasi dan siapa yang menjadi korban. Yang salah harus diberikan hukuman setimpal," kata Eddy di Jakarta, Senin (16/1).

Sekjen PAN ini menuturkan narasi mengenai bentrokan antara pekerja WNI dan WNA harus diperjelas dengan investigasi menyeluruh agar tidak memperkeruh suasana.

"Apa yang terjadi harus jelas siapa yang memulai dan apa penyebabnya. Pekerja WNI dan WNA tetap harus patuh dan tunduk pada hukum yang berlaku di Indonesia,”tuturnya.

Pihaknya juga meminta agar pemerintah mengaudit keselamatan kerja di PT GNI. Mengingat ini adalah kejadian kedua setelah kebakaran yang menewaskan pekerja pada awal Januari lalu.

"Perlu ada audit keselamatan kerja yang menyeluruh di PT GNI. Keselamatan pekerja harus menjadi prioritas,” tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: RAIZA ANDINI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA