Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bentrokan di Morowali Buktikan Pemerintah Lemah Hadapi Investor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 19 Januari 2023, 09:30 WIB
Bentrokan di Morowali Buktikan Pemerintah Lemah Hadapi Investor
Bentrokan antarpekerja di PT Gunbuster Nichel Industry (GNI) Morowali/Net
rmol news logo Pemerintah dinilai terlalu lemah dalam menghadapi manajemen PT Gunbuster Nichel Industry (GNI) dalam kansus bentrokan antar pekerja hingga menewaskan dua korban jiwa.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sebagai pemegang otoritas kekuasaan, harusnya pemerintah bisa memaksa pihak GNI membuka semua data operasional perusahaan, yang diduga menjadi penyebab bentrok maut Sabtu lalu (14/1).

"Dengan kewenangan yang ada, harusnya pemerintah bisa bergerak cepat menemukan akar masalahnya, bukan sekadar mengimbau. Kalau sekadar mengimbau, siapa pun bisa," tegas Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto dalam keterangannya, Kamis (19/1).

Mulyanto menyebut sikap lemah seperti itu menunjukkan pemerintah tidak punya wibawa di hadapan PT GNI. Padahal negara yang diwakili pemerintah memiliki kewenangan bersifat “mengikat” dan “memaksa” siapa pun untuk mematuhi aturan yang berlaku.

Melalui instrumen regulasi dan kelembagan kementerian yang ada, pemerintah juga harusnya dapat melakukan pengaturan dan pengawasan untuk memastikan, bahwa berbagai upaya investasi pengelolaan SDA di Indonesia sebesar-besarnya digunakan untuk kemakmuran masyarakat.

"Pemerintah jangan tumpul ke atas dan tajam ke bawah. Terkesan lembek kepada investor China dan keras terhadap pekerja lokal," tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA