Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bawaslu RI Antisipasi Gaya Politik Uang "Serangan Tarawih" pada Pemilu 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 19 Januari 2023, 20:54 WIB
Bawaslu RI Antisipasi Gaya Politik Uang "Serangan Tarawih" pada Pemilu 2024
Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja/RMOL
rmol news logo Gaya baru aktor politik untuk tetap menggunakan politik uang sebagai cara pemenangan, dilihat kemungkinannya oleh Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) RI. Bahkan, lembaga ini mensinyalir akan teraktualisasi pada bulan Ramadhan tahun ini.

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja menerangkan, dugaan tersebut merupakan hasil refleksi pihaknya pada Pilkada 2018 silam. Dimana muncul cara-cara baru digunakan aktor politik yang akan maju dengan merayu warga pemilih dengan memberikan uang.

"Pada saat Pilkada 2018 itu terjadi yang namanya bukan lagi serangan fajar, tapi serangan tarawih. Pembagian (uang dilakukan) pada saat shalat tarawih dan menjelang shalat, serta menjelang sahur," ujar Bagja dalam Rapat Koordinasi Tahunan PPATK di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (19/1).

Bulan suci Ramadhan yang akan jatuh pada 22 Maret hingga 21 April 2023, diperkirakan Bagja, akan dimanfaatkan para bakal calon peserta pemilu untuk melancarkan gaya politik uang "serangan tarawih".

Namun, ia memastikan jajaran pengawas pemilu akan melakukan tugasnya pada jam-jam tertentu yang terindikasi menjadi waktu dilancarkannya politik uang di bulan Ramadhan mendatang.

"Kami biasanya patroli di jam-jam itu (malam hingga sahur)," demikian Bagja menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA