Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wakili Indonesia, Zulhas Sepakati Penguatan Hubungan Dagang dengan Arab Saudi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Minggu, 22 Januari 2023, 21:56 WIB
Wakili Indonesia, Zulhas Sepakati Penguatan Hubungan Dagang dengan Arab Saudi
Mendag RI Zulkifli Hasan bersama Mendag Arab Saudi HE Dr Majid bin Abdullah Al-Qasabi/Ist
rmol news logo Kerajaan Arab Saudi untuk kali pertama menjamu pejabat negara sahabat setingkat menteri di Al Ula, sebuah kota dagang kuno di wilayah Madinah. Kesempatan itu didapatkan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan saat menggelar pertemuan dengan Menteri Perdagangan Arab Saudi HE Dr Majid bin Abdullah Al-Qasabi.

Bukan saja tempat yang tidak biasa, tetapi Majid bin Abdullah Al-Qasabi juga mengambil alih kemudi kendaraan miliknya untuk mengantar secara khusus Zulkifli Hasan.

“Ini tamu spesial, sebagai penghormatan dan rasa bahagia atas kedatangan saudara dan sahabat, saya akan menyetir sendiri ke Al Ula,” ujar Majid Al-Qasabi dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Minggu (22/1).

Al Ula adalah kota bagian dari Provinsi Madinah, Arab Saudi, merupakan jalur perdagangan kuno yang menghubungkan negeri Arab hingga ke Syam, saat ini mencakup Syiria, Palestina, Yordania hingga Lebanon.

Kepada Zulhas, Majid Al-Qasabi tempat pertemuan tersebut dipilih sejalan dengan harapan Pangeran Muhammad Bin Salman untuk mengembangkan wilayah Al Ula menjadi daerah pariwisata.

Zulhas yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) pun mengungkapkan kekaguman pada pertemuan itu. Dia pun berharap, usai pertemuan itu akan ditindaklanjuti dengan penguatan kerjasama perdagangan kedua negara

"Semoga persaudaraan ini berdampak pada kerjasama Indonesia dengan Arab Saudi yang jauh lebih baik di kemudian hari,” ungkapnya.

Zulhas juga menegaskan keinginan pemerintah Indonesia untuk semakin memperkuat kerjasama dagang kedua negara. Di mana, pada tahun 2022 neraca perdagangan RI-Arab Saudi mencapai  7 miliar dolar AS.

Usai pertemuan bilateral di Al Ula, rombongan Zulhas kembali bertolak ke Jeddah sebelum melanjutkan perjalanan ke kantor Saudi Food and Drug Authority (SFDA) di kawasan Al Hittin pada Senin (23/1).rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA