Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Biaya Haji 2023 Naik, Komisi VIII: Prinsipnya Kami Ingin Biaya Terjangkau

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 24 Januari 2023, 19:08 WIB
Biaya Haji 2023 Naik, Komisi VIII: Prinsipnya Kami Ingin Biaya Terjangkau
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily/Net
rmol news logo Usulan kenaikan biaya haji tahun 2023 diyakini agar sesuai dengan prinsip kemampuan berhaji, utamanya dalam konteks pembiayaan. Sehingga, kemampuan tersebut harus terukur demi keberlangsungan dana haji ke depan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Prinsipnya, kami ingin biaya haji ini dapat terjangkau masyarakat sesuai dengan prinsip istitho’ah atau kemampuan, namun tetap mempertimbangkan sustainibilitas keuangan haji dan keadilan nilai manfaat bagi seluruh jemaah haji," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Selasa (24/1).

Terkait penggunaan nilai manfaat yang dikelola oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), kata dia, juga perlu diatur agar dapat berkeadilan. Karenanya, nilai manfaat adalah hak seluruh jemaah haji Indonesia, termasuk lebih dari 5 juta jemaah yang masih menunggu antrean berangkat.

"Kami tidak ingin nilai pokok keuangan dan nilai manfaat jemaah haji tahun depan dan seterusnya terpakai untuk jemaah haji tahun ini. Ini yang kami sedang hitung bersama dengan BPKH," ujarnya.

Oleh karena itu, legislator Partai Golkar ini, meminta BPKH untuk memastikan ketersediaan dana haji yang diperuntukkan sebagai nilai manfaat untuk haji tahun ini.

"Pihak BPKH RI sangat penting dalam memastikan biaya haji tahun ini. Besaran nilai manfaat yang diusulkan 30% apakah masih mungkin mengalami perubahan komposisi menjadi lebih besar atau tidak,” demikian Ace. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA