Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tindak Lanjuti Arahan Presiden, Mendagri Minta Daerah Ciptakan Branding

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 25 Januari 2023, 13:39 WIB
Tindak Lanjuti Arahan Presiden, Mendagri Minta Daerah Ciptakan Branding
Menteri Dalam Negeri, M Tito Karnavian/Net
rmol news logo Menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo, seluruh Pemerintah Daerah diminta untuk menciptakan branding daerahnya sesuai produk unggulan masing-masing.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tahun 2023 di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada 17 Januari lalu, Presiden Jokowi memberi arahan agar setiap daerah meningkatkan belanja produk dalam negeri.

“Beliau (Presiden) meminta semua daerah untuk memikirkan agar membuat program atau masterplan. Istilahnya yang paling gampang membuat image atau branding daerah itu sesuai dengan keunggulan masing-masing daerah,” ucap
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian, dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah yang berlangsung secara hybrid di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (24/1).

Pemerintah daerah tak hanya didorong untuk membuat slogan sebagai kota bersih, indah, atau berseri, tetapi juga memiliki produk spesifik. Tito pun mencontohkan beberapa negara yang memiliki branding tertentu.

Seperti Kota Davao di Filipina yang terkenal dengan produk unggulan pisang. Di sana, kata Mendagri, ekosistem agrobisnis yang saling mendukung mulai dari penanaman, pembibitan, produksi, hingga distribusi, benar-benar dikembangkan dengan baik.

“Sampai dengan turunan produksinya, empingnya (keripik), salainya, dan dijual marketingnya, semua dibuat. Masyarakat dilibatkan dan kemudian bahkan branding kota itu mengenai pisang, dan kemudian ada juga seni budaya tentang pisang. Misalnya itu,” tuturnya.

Tito juga mencontohkan Kota Minneapolis, Amerika Serikat, yang dikenal sebagai tujuan para pegolf seluruh dunia. Di kota ini, semua penduduk dilibatkan dalam bisnis penyelenggaraan golf.

“Contoh lain beliau (Presiden Jokowi) menyampaikan di daerah di Amerika itu sangat terkenal dengan mebelnya sehingga (High Point, North Carolina-red) disebut dengan Kota Mebel. Seluruh Setahun sekali ada festival mebel di sana,” ujarnya.

Dari dalam negeri sendiri, Mendagri mencontohkan Kota Jepara yang terkenal dengan produk mebelnya. Lalu ada pula daerah lain yang terkenal dengan produksi ikan.

Untuk itu, Mendagri berharap daerah-daerah di Indonesia bisa menciptakan branding produk-produk unggulan seperti itu.

“Kemendagri telah diperintahkan juga untuk mencari, mungkin beberapa kota menjadi model, kabupaten menjadi model, sesuai dengan produk unggulannya itu. Jadi tidak lagi branding-nya sekadar bersih, indah, aman, dan lain-lain, tapi branding sesuai dengan produk unggulan,” demikian Tito Karnavian. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA