Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei LPMM: Airlangga Paling Diharapkan Jadi Presiden 2024, Prabowo Nomor Dua

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 26 Januari 2023, 20:50 WIB
Survei LPMM: Airlangga Paling Diharapkan Jadi Presiden 2024, Prabowo Nomor Dua
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto/Ist
rmol news logo Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menjadi tokoh yang paling diharapkan publik untuk menjadi Presiden Republik Indonesia pada Pemilu 2024 mendatang.

Hal ini sebagaimana temuan survei Lembaga Penelitian Masyarakat Milenial (LPMM) dengan tema "Preferensi Masyarakat terhadap Parpol & Tokoh-tokoh Calon Presiden Jelang Pemilu 2024" yang digelar pada 5 sampai 18 Januari 2023.

"Terkait calon presiden harapan rakyat jika pilpres digelar hari ini, maka nama Airlangga Hartanto dipilih sebanyak 25,8 persen. Diikuti Prabowo Subianto 21,2 persen, dan Ganjar Pranowo 16,9 persen," kata Koordinator Survei LPMM, Andrey Santoso dalam keterangannya, Kamis (26/1).

Nama lain, ada Moeldoko yang dipilih 6,1 persen, Anies Baswedan 5,6 persen, Puan Maharani 5,2 persen, Ridwan Kamil 3,7 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 3,2 persen, dan Erick Thohir 1,8 persen. Yang tidak memilih ada 10,5 persen.

Sementara untuk tokoh yang dipilih sebagai calon wakil presiden harapan rakyat, nama Menko Polhukam Mahfud MD paling tinggi dipilih jika pilpres digelar hari.

Mahfud MD dipilih sebanyak 22,7 persen, kemudian Kepala KSP Moeldoko dipilih 17,2 persen, dan Andika Perkasa 10,8 persen. Nama selanjutnya, ada Ridwan Kamil yang dipilih 8,2 persen, Sandiaga Uno 7,6 persen, Erick Thohir 6,6 persen, Muhaimin Iskandar 5,2 persen, AHY 4,1 persen, dan yang tidak memilih sebanyak 17,6 persen.

Nama-nama capres dan cawapres tersebut dinilai publik berdasarkan beberapa kriteria, yakni terkait program lapangan kerja, pendidikan, upah dan daya beli, hingga kesehatan.

"Kriteria dan karakter pemimpin nasional yang diinginkan publik dari jawaban 2.078 responden sebanyak 30,6 persen mendambakan pemimpin nasional atau presiden yang berani, tegas, dan berwibawa," demikian kata Andrey.

Survei ini dilakukan terhadap 2.078 responden WNI yang sudah memiliki hak pilih saat Pemilu 2024. Responden tersebar di 34 provinsi di Indonesia dan pengambilan sampel mengunakan metode multistage random sampling.

Margin of error survei ini kurang lebih 2,15 persen pada memiliki tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA