Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tidak Ingin Uang Mendominasi Pemilu, PBB Sejalan PDIP Dukung Proporsional Tertutup

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Jumat, 27 Januari 2023, 18:26 WIB
Tidak Ingin Uang Mendominasi Pemilu, PBB Sejalan PDIP Dukung Proporsional Tertutup
Sekretaris Jenderal DPP PBB, Afriyansyah Moor/Net
rmol news logo Dukungan agar pemilu digelar dengan sistem proporsional tertutup turut disampaikan Partai Bulan Bintang (PBB). Alasannya, karena demokrasi tidak berjalan baik dengan sistem yang sekarang.

Sekretaris Jenderal DPP PBB, Afriyansyah Moor menjelaskan bahwa sistem proporsional terbuka yang telah dilakukan pada 2009 hingga 2019 perlu direvisi. Sebab, kekuatan uang dan oligarki terlalu mendominasi jalannya pemilu. Sehingga proses demokrasi tidak sesuai yang diharapkan.

“Kami PBB sangat berat (menghadapi dominasi oligarki dan uang) dan mau kembali ke proporsional tertutup,” ujarnya saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, sesaat lalu.

Selain itu, PBB sejalan dengan PDIP dalam mendukung sistem proporsional tertutup karena proporsional terbuka membuat calon legislatif menjadi tidak terarah. Masing-masing berlomba untuk memenangkan diri sendiri. Sementara program partai terkada terabaikan.

“Kami bukan partai besar dan berkuasa. Tapi justru dengan terbuka PBB merasakan bahwa kekuatan individu dominan, sehingga di lapangan antarsesama partai caleg dapil sama pun terjadi benturan-benturan,” ujarnya.

“Maka, PBB ingin sistem terbuka direvisi dan evaluasi,” demikian kata wamenaker RI itu, yang turut mengunggah foto bendera PBB berdampingan dengan PDIP lengkap dengan tulisan 'Koalisi 313 Merah Hijau: 2024 Sistem Pemilu Proporsional Tertutup'. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA