Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kementerian BUMN Gelar Bazar untuk Pemberdayaan UMKM Daerah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 28 Januari 2023, 03:58 WIB
Kementerian BUMN Gelar Bazar untuk Pemberdayaan UMKM Daerah
Bazar UMKM Untuk Indonesia 2023/Ist
rmol news logo Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) wujudkan komitmen untuk mendukung pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) daerah dalam menopang pemulihan ekonomi nasional.

Salah satunya, Kementerian BUMN menggelar kegiatan “Bazar UMKM Untuk Indonesia 2023” di Lantai Rubanah Gedung Sarinah Jakarta. Pada pameran yang akan berlangsung pada tanggal 26 sampai 29 Januari 2023, para pelaku UMKM akan memamerkan dan menjual ragam produk yang inovatif dan khas.

Untuk penyelenggaraan perdana tahun ini, Bazaar UMKM didukung oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dan PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum dengan mengerahkan UMKM binaan masing-masing.

Hadir pada pembukaan bazar, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting, Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga, Asisten Deputi Kemitraan dan Perluasan Pasar Kementerian Koperasi dan UKM, Fixy, serta didampingi jajaran Direksi Inalum, Semen Indonesia, Semen Baturaja juga Sarinah.

Loto Ginting mengatakan, penyelenggaraan bazar UMKM bertujuan untuk memberi akses pasar yang lebih luas bagi UMKM dalam memasarkan produknya baik secara offline maupun online.

"Sehingga produk dapat lebih dikenal serta mendorong terciptanya transaksi belanja sebagai bentuk konkret mendorong pemulihan ekonomi, utamanya pelaku UMKM,” ujar Loto dalam keterangannya, Jumat (27/1).

Ditambahkan Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga, bazar UMKM ini merupakan bagian dari komitmen Menteri BUMN Erick Thohir untuk menunjukkan peran BUMN dalam memajukan UMKM.

Setelah sebelumnya, kata dia, Kementerian BUMN mencetuskan program marketplace PaDi UMKM (www.padiumkm.id yang sudah berjalan selama tiga tahun terakhir.

“Ini komitmennya Pak Erick, supaya UMKM bisa menjadi sedemikian besar dan bahwa BUMN punya ruang yang besar untuk membantu UMKM. Sampai beliau bikin kebijakan untuk pengadaan di bawah Rp14 miliar wajib memberikannya kepada UMKM," demikian Arya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA