Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gerindra-PKB Disambangi Nasdem, Lagi Tarik-tarikan Koalisi Pilpres 2024?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 28 Januari 2023, 15:06 WIB
Gerindra-PKB Disambangi Nasdem, Lagi Tarik-tarikan Koalisi Pilpres 2024?
Elite Partai Nasdem menyambangi Sekber Gerindra-PKB/RMOL
rmol news logo Langkah Partai Gerindra bersama PKB membuat sekretaris bersama (Sekber) di wilayah Jakarta yang mengundang respon dari Partai Nasdem menuai spekulasi.

Sebuah pertanyaan muncul di publik terkait kedatangan elite Nasdem ke Sekber Gerindra-PKB yang disebut-sebut bakal berkoalisi untuk menghadapi Pilpres 2024 mendatang, padahal Nasdem disatu sisi telah menjajaki bahkan kerap menegaskan bakal berkoalisi dengan Demokrat dan PKS untuk mengusung Anies Baswedan.

Pakar komunikasi politik lulusan America Global University, Jerry Massie berpendapat, pilpres merupakan panggung politik utama dalam pelaksanaan pemilu dalam kurun waktu beberapa kali pelaksanaan. Jerry sependapat, manuver yang dipertunjukan Nasdem merupakan fenomena tarik menarik dalam politik untuk berkoalisi pada Pemilu 2024.

Dirinya tak memungkiri ada upaya tarik menarik di antara Nasdem yang kini tengah memperkuat langkah pembentukan Koalisi Perubahan bersama Partai Demokrat dan PKS, apalagi mengingat sudah diusung mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Saya kira Koalisi Perubahan tetap akan dideklarasikan, kendati baru-baru ini sejumlah petinggi Nasdem menyambangi Sekber Gerindra-PKB," ujar Jerry kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (28/1).

Meski hubungan Gerindra dan PKB belakangan diisukan mulai renggang sebelum adanya Sekber, Direktur Political and Publis Policy Studies (P3S) ini memandang fenomena kedatangan elite Nasdem sebagai satu komunikasi politik biasa.

"Saya pikir itu hanya fenomena dan dinamika politik biasa saja. Mungkin ada ajakan bergabung dengan Koalisi Perubahan atau sebaliknya," demikian Jerry menambahkan. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA