Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Ingin ASEAN Jadi Epicentrum Pertumbuhan Ekonomi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 29 Januari 2023, 13:18 WIB
Jokowi Ingin ASEAN Jadi Epicentrum Pertumbuhan Ekonomi
Presiden Joko Widodo saat membuka secara simbolis Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023 di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo membuka secara simbolis Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023 di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, pada Minggu (29/1). Acara ini disaksikan ribuan warga yang memadati  panggung utama.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi menyampaikan tiga hal penting di balik terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah Keketuaan ASEAN 2023. Salah satunya, tetap relevan terhadap kepentingan rakyat.

"Pertama, ASEAN harus tetap relevan terhadap kepentingan rakyat, juga kawasan dan dunia. Kedua, stabilitas dan perdamaian di Indo-Pasifik ASEAN harus berkontribusi besar. Ketiga, ASEAN sebagai epicentrum pertumbuhan ekonomi," jelasnya.

Menurutnya, ketiga poin tersebut penting karena berbagai hal, seperti situasi global tidak mendukung, situasi dunia masih belum pasti, pengaruh geopolitik, krisis ekonomi, krisis pangan, dan krisis energi.

"Kita tetap harus optimis. Keketuaan ASEAN harus menumbuhkan optimisme," tuturnya.

Melalui tema Keketuaan ASEAN yaitu: “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”, Indonesia bertekad mengarahkan kerja sama ASEAN tahun 2023 untuk melanjutkan dan memperkuat relevansi ASEAN dalam merespon tantangan kawasan dan global, serta memperkuat posisi ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan, untuk kemakmuran rakyat ASEAN.

Kick Off terselenggara jelang rangkaian pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN pada tanggal 3 hingga 4 Februari 2023, yang akan berlangsung di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA