Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Syarikat Islam: Usulan agar Inggit Garnasih jadi Pahlawan Nasional Sudah Tepat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 30 Januari 2023, 00:10 WIB
Syarikat Islam: Usulan agar Inggit Garnasih jadi Pahlawan Nasional Sudah Tepat
Potret Ir. Soekarno dan Inggit Garnasih/Net
rmol news logo Usulan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk memperjuangkan Inggit Garnasih sebagai pahlawan nasional, mendapat sambutan positif.

Sambutan hangat atas usulan itu, salah satunya disampaikan Sekretaris Jenderal Syarikat Islam Ferry Juliantono. Menurutnya, sebagai istri Proklamator Ir. Soekarno, Inggit Garnasih banyak berjasa dalam pergerakan perjuangan kemerdekaan.

"Terutama perannya dalam memberi spirit kejuangan bagi Bapak Ir. Soekarno dalam memerjuangkan Indonesia menuju kemerdekaan," ujar Ferry kepada wartawan, Minggu (29/1).

Ferry mengungkapkan, perjuangan pribadi Inggit cukup besar dalam menyokong Kongres Nasional Syarikat Islam (1916) di Bandung.

Diceritakan Ferry, Inggit sebagai kader aktif diberi kepercayaan bertugas sebagai koordinator penerima tamu dan menangani dapur umum untuk menyiapkan logistik bagi para perutusan kongres yang datang dari seluruh Nusantara.

Pada kongres itu, sambungnya, Ketua Umum Syarikat Islam, HOS Tjokroaminoto untuk pertama kalinya menyampaikan tuntutan agar kaum bumi putera diberi kesempatan dan hak untuk mengatur pemerintahan sendiri (zelf bestuur).

Pidato Tjokroaminoto tentang zelf bestuur itu pun memperoleh sambutan luar biasa dan menjadi pembakar semangat untuk memperjuangkan kemerdekaan.

"Tentunya kesuksesan Kongres Syarikat Islam tersebut tidak bisa dilepaskan dengan peranan Ibu Inggit sebagai panitia," kata Ferry.

"Karena itu menurut Syarikat Islam sangat tepat Ibu Inggit Garnasih ditetapkan sebagai pahlawan nasional," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA