Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukungan PKS-Demokrat Bisa Memicu Penjegalan Anies Baswedan Semakin Kencang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 31 Januari 2023, 09:03 WIB
Dukungan PKS-Demokrat Bisa Memicu Penjegalan Anies Baswedan Semakin Kencang
Bakal calon presiden yang diusung Partai Nasdem, Anies Baswedan/RMOL
rmol news logo Upaya penjegalan terhadap bakal calon presiden Anies Baswedan diduga akan semakin kencang di tengah deklarasi dukungan yang sudah disampaikan Partai Demokrat dan PKS.

Pandangan pengamat politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga, kelompok yang kontra terhadap Anies Baswedan akan terus berupaya menggagalkan pencalonan tersebut sebelum resmi didaftarkan sebagai capres di KPU.

“Bagi mereka (bukan pendukung) Anies itu ancaman. Anies dianggap anti kemapanan. Karena itu, mereka sangat tak nyaman dengan semboyan perubahan yang didengungkan Anies,” kata Jamiluddin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (31/1).

Jamiluddin berpendapat, kelompok tersebut juga diperkirakan akan mengintensifkan penjegalan terhadap Anies hingga ke daerah-daerah. Salah satu indikasi yang sudah terlihat adalah dengan membangun opini penolakan Anies di sejumlah daerah.

"Penggiringan opini semacam ini terus mereka lakukan untuk menghambat laju elektoral Anies,” tutupnya.

Saat ini, Anies telah mendapat dukungan dari tiga partai politik, yakni Nasdem, Demokrat, dan PKS. PKS menjadi partai terbaru yang mendukung Anies dan akan diwujudkan dalam deklarasi resmi pada 24 Februari mendatang.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Sohibul Iman usai mengunjungi Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Aljufri dan Presiden PKS, Ahmad Syaikhu di Istanbul, Turki.

Bahkan dukungan ini disambut elite Demokrat dan Tim Kecil Anies Baswedan yang langsung menggelar jumpa pers di sekitaran Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin malam.

“PKS akan menyampaikan dukungan eksplisit organisatoris kepada Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bacapres 2024-2029 pada rapat Majelis Syura PKS yang bersamaan dengan Rakernas DPP PKS pada tanggal 24 Februari 2023,” kata Sohibul Iman di Rumah Makan Mang Engking, Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin malam (30/1). rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA