Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cegah ASN yang Tidak Netral, Bawaslu Koordinasi dengan Polri dan TNI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 31 Januari 2023, 16:35 WIB
Cegah ASN yang Tidak Netral, Bawaslu Koordinasi dengan Polri dan TNI
Anggota Bawaslu Puadi saat jelaskan data pelanggaran ASN/RMOL
rmol news logo Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI akan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum seperti Polisi dan TNI untuk turut mengawasi Aparatur Sipil Negara (ASN) guna mencegah terjadinya tindakan tidak netral dalam Pemilu 2024 mendatang.

Anggota Bawaslu Puadi menuturkan, jika ada ASN yang tidak netral, Bawaslu akan merekomendasikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara, dan langsung dieksekusi oleh Pejabat Pengawas Kepegawaian (PPK).

Posisi Bawaslu, kata Puadi, mengawal rekomendasi dugaan pelanggaran ASN kemudian memitigasi adanya pelanggaran tersebut berkoordinasi dengan PPK.

“Kaitanya dengan netralitas Polri, kita sudah berkoordinasi dengan Polri. Sama halnya karena ini perintah undang-undang,” kata Puadi dalam acara webinar  Menjaga Netralitas Penyelenggara Negara dalam Pelaksanaan Tahapan Pemilu 2024, Selasa (31/1).

Bawaslu, lanjut Puadi, akan meneken MoU kepada Polri untuk melakukan penindakkan sesuai dengan aturan di internal Polri, begitupun di tubuh TNI.

“Ini dalam rangka mengafirmasi satu keadilan. Termasuk juga netralitas yang terjadi di lingkungan penyelenggara baik itu Bawaslu maupun KPU karena bagaimana kita harus bisa menjunjung prinsip-prinsip penyelenggaraan,” tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA