Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Usul Jabatan Gubernur Dihapus Usai Isu Tunda Pemilu Tak Tembus, PKB Diprediksi Bisa Rusak Dipimpin Cak Imin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 01 Februari 2023, 15:40 WIB
Usul Jabatan Gubernur Dihapus Usai Isu Tunda Pemilu Tak Tembus, PKB Diprediksi Bisa Rusak Dipimpin Cak Imin
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar/Net
rmol news logo Manuver politik yang kembali ditunjukan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar dengan mengusulkan jabatan gubernur dihapuskan, diprediksi bakal memberikan efek buruk bagi parpol yang ia pimpin sekarang ini.

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie menilai sosok yang kerap disapa Cak Imin itu selalu memberikan usulan yang tidak sama sekali memiliki dasar hukum ketatanegaraan yang jelas.

“Waktu lalu Cak Imin mengusulkan pemilu ditunda tapi tak tembus. Kini ada usulan baru yang cukup irasional dari Ketua Umum PKB ini mengenai peniadaan jabatan kepala daerah setingkat gubernur,” ujar Jerry kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (1/2).

Sebagai contoh, doktor ilmu komunikasi politik America Global University ini menyebutkan struktur pemerintahan di negeri “Paman Sam” yang juga menganut sistem demokrasi tetap memiliki nomenklatur gubernur sebagai otoritas pemerintahan di daerah.

“Di negara manapun ada gubernur, dan ada pemilihan gubernur. Contoh di Amerika ada Gubernur New York sampai Gubernur California,” urainya.

Maka dari itu, Jerry melihat Cak Imin hanya mencari sensasi dalam berpolitik sehingga berpotensi merugikan PKB yang akan ikut berlaga di kontestasi Pemilu Serentak 2024.

“Saya kira PKB bisa rusak di tangan Cak Imin dengan usulan-usulan di luar nalar,” demikian Jerry menambahkan. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA