Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Versi Insis, AHY Paling Moncer Dampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 01 Februari 2023, 15:48 WIB
Versi Insis, AHY Paling Moncer Dampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)/Ist
rmol news logo Sosok yang akan mendampingi Anies Baswedan harus menjadi prioritas untuk diselesaikan. Dari tiga partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Perubahan, dibanding tokoh lainnya sosok Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dianggap paling tepat mendampingi Anies di Pilpres 2024.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Peneliti Senior Institut Riset Indonesia (Insis), Dian Permata mengatakan, setelah didukung 3 partai, jalan Anies untuk menuju calon presiden (capres) 2024 masih ada dua tahapan lagi.

"Pertama soal siapa calon wakil presiden yang bakal mendampingi dia. Kedua, Anies dan pasangannya itu diajukan oleh partai pengusung dan disahkan oleh KPU," ujar Dian kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (1/2).

Akademisi Universitas Ibnu Chaldun ini menilai, Anies harus tetap waspada karena dua langkah tersebut menjadi krusial apabila tidak diantisipasi. Ia mencontohkan, salah satu partai pengusung mundur di kemudian hari, atau Anies dan pasangannya tidak disahkan oleh KPU.

"Meskipun demikian, Anies boleh dibilang rada maju dari kandidat capres lainnya paska deklarasi pada waktu lalu. Dari dua langkah krusial itu maka persoalan siapa yang mendampingi Anies menjadi prioritas untuk diselesaikan," kata Dian.

Merujuk hasil survei Insis periode Oktober 2022 kata Dian, terdapat beberapa nama yang kerap muncul mengisi slot calon wakil presiden (cawapres). Mereka adalah Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat AHY, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

"Dari nama-nama itu, jika merujuk elektabilitas maka AHY paling moncer. Selain itu, dia adalah ketua umum parpol. Dua poin itu yang tidak dimiliki kandidat lainnya. Selain berguna untuk memuluskan proses pencalonan, posisi dia dapat menjadi backup politik di parlemen apabila memenangkan pertarungan 2024," pungkas Dian.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA