Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Citra Surya Paloh Dipertaruhkan pada Pembentukan Koalisi Perubahan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 03 Februari 2023, 13:46 WIB
Citra Surya Paloh Dipertaruhkan pada Pembentukan Koalisi Perubahan
Ketua Umum Nasdem Surya Paloh/Net
rmol news logo Pembentukan Koalisi Perubahan menjadi satu pertaruhan citra politik Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, usai dirinya melakukan manuver politik mengunjungi sejumlah elite parpol-parpol koalisi pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Kemungkinan besar Nasdem tidak akan menggagalkan komitmen mendorong Anies sebagai capres, apalagi menggagalkan pembentukan Koalisi Perubahan. Ini menyangkut harga diri dan martabat Surya Paloh," ujar pengamat politik Citra Institute, Efriza kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (3/2).

Menurut Efriza, pertemuan teranyar yang dilakukan Surya Paloh dengan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto di Kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, Rabu (1/2) menunjukkan adanya kebuntuan komunikasi terkait dengan isu reshuffle.

"Di Koalisi Perubahan sudah terjadi kesepakatan mengusung Anies Baswedan untuk menjadi capres. Tetapi belum ada kesepakatan win-win solution dari pertemuan Surya Paloh dan Presiden Jokowi sebelumnya terkait reshuffle," tuturnya.

Maka dari itu, Efriza memandang pertemuan Surya Paloh dengan Airlangga, serta kunjungan sejumlah elite Nasdem ke Sekretariat Bersama (Sekber) Gerindra-PKB pada pekan lalu bukan perihal ajakan berkoalisi, tetapi lebih pada menyelamatkan kursi menteri.

"Diduga Nasdem ingin tetap loyal mendukung pemerintah, tetapi di Pilpres 2024 berseberangan dengan maunya Presiden Jokowi. Di sisi lain, Presiden Jokowi menerima Nasdem tetap di pemerintahan namun komposisinya dikurangi," demikian Efriza menambahkan. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA