Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ramai Desakan Pencopotan Kepala BRIN, Jamiluddin Ritonga: Ia Cuma Pelaksana Dewan Pengarah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 03 Februari 2023, 16:54 WIB
Ramai Desakan Pencopotan Kepala BRIN, Jamiluddin Ritonga: Ia Cuma Pelaksana Dewan Pengarah
Pengamat politik dari Universitas Esa Unggul. Jamiluddin Ritonga/Net
rmol news logo Komisi VII DPR RI merekomendasikan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko, dicopot dari jabatannya. Hal ini menyusul banyaknya permasalahan di internal BRIN yang tak kunjung usai dan justru membuat gaduh.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menanggapi hal ini, pengamat politik dari Universitas Esa Unggul. Jamiluddin Ritonga berpendapat, rekomendasi pencopotan Kepala BRIN oleh parlemen tampak logis. Karena Laksana Tri Handoko dinilai tidak mampu mengupayakan lahirnya berbagai inovasi dan pengembangan teknologi di tanah air.

“Padahal, BRIN dibentuk untuk melahirkan beragam inovasi dan teknologi yang bermanfaat bagi rakyat Indonesia,” kata Jamiluddin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (3/2).

Hal itu terjadi karena selama BRIN terbentuk, lanjut Jamiluddin, Laksana Tri Handoko dinilai belum mengkonsolidasi semua periset dari berbagai lembaga penelitian. Sarana dan prasarana pun belum siap dalam penggabungan lembaga penelitian ke BRIN.

Sehingga, Jamiluddin melihat ada peran Dewan Pengarah dalam buruknya kinerja Tri Handoko dalam mengelola BRIN.

“Kegagalan itu kiranya tidak bisa dibebankan hanya kepada Kepala BRIN Laksana Tri Handoko. Sebab, Laksana Tri Handoko hanya sebagai pelaksana sesuai arahan Dewan Pengarah,” tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA