Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dua Kasus Gagal Ginjal Akut Kembali Muncul, PKS Minta BPOM Investigasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Selasa, 07 Februari 2023, 00:59 WIB
Dua Kasus Gagal Ginjal Akut Kembali Muncul, PKS Minta BPOM Investigasi
Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKS Kurniasih Mufidayati/Net
rmol news logo Dua kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak (GGAPA) kembali muncul. Satu kasus meninggal dunia dan satu orang saat ini dalam perawatan di RSCM Jakarta.

Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKS Kurniasih Mufidayati menyebut munculnya kembali dua kasus GGAPA alarm keras bagi semua pihak setelah nihil sejak November 2022.

Ia menagih keseriusan yang dijanjikan pemerintah untuk menangani kasus ini agar tidak terulang.

Kurniasih menegaskan bahwa satu pasien balita meninggal dunia setelah mengonsumsi salah satu obat sirup penurun panas yang sebelumnya sudah masuk daftar aman dikonsumsi oleh BPOM. Sementara pasien kedua yang masih dirawat juga memiliki riwayat mengonsumsi obat sirup penurun panas secara mandiri.

"Menurut laporan pasien demam tanggal 25 Januari diberikan obat sirup penurun panas yang masuk merek aman oleh BPOM lalu tanggal 1 Februari pasien meninggal dunia. Gejalanya sangat mirip dengan kasus-kasus sebelumnya dan berlangsung cepat. Harus segera diinvestigasi," ungkap Kurniasih, Senin (6/2).

Kurniasih meminta BPOM benar-benar serius melakukan investigasi jika memang ternyata benar pasien mengonsumsi obat-obatan sirup yang sudah masuk daftar aman oleh BPOM.

"Maka jika benar mengonsumsi obat yang masuk daftar aman BPOM, kita minta pertanggungjawaban dari BPOM untuk kembali memastikan apakah semua obat yang beredar di pasaran itu benar-benar aman? Tolong, ini menyangkut nyawa anak-anak, bukan main-main," tegas Kurniasih.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA