Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertahankan Disertasi Tentang Teluk Jakarta, Andi Yuslim Patawari Raih Gelar Doktor Pertanian Unpad

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 07 Februari 2023, 22:53 WIB
Pertahankan Disertasi Tentang Teluk Jakarta, Andi Yuslim Patawari Raih Gelar Doktor Pertanian Unpad
Andi Yuslim Patawari/Net
rmol news logo Tokoh muda Andi Yuslim Patawari meraih gelar doktor pada bidang ilmu pertanian dari Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran, setelah menjalani sidang promosi doktor, Selasa (7/2).

Andi Yuslim suskes mempertahankan disertasinya yang berjudul "Dampak Reklamasi Terhadap Sosial Ekonomi Nelayan Kecil di Teluk Jakarta" di hadapan 9 penguji.

Andi Yuslim yang juga mantan Ketua DPP KNPI itu membeberkan tentang penelitiannya. Ia mengungkapkan dampak reklamasi secara rinci terhadap sosial ekonomi yang menimpa masyarakat, khususnya nelayan kecil.

Dia menjelaskan, penelitian disertasinya mengedepankan pendekatan ilmu pengetahuan dan melibatkan pakar di bidangnya. Hasilnya adalah analisa terkait dampak positif dan negatif reklamasi teluk Jakarta terhadap nelayan.

"Saya berharap hasil riset dan disertasi ini  menjadi rekomendasi kepada semua pihak agar ada solusi terbaik dan tepat untuk nelayan yang ada di Teluk Jakarta," ujar Andi Yuslim yang juga Assesor BNSP ini.

Desertasi dia juga menemukan dua temuan baru atau novelty. Salah satunya adalah disertasi tersebut mengunakan penulusuran dengan kata kunci "small-scale fisheries", "post reclamation", "sustainability melalui Harzing Publish or Perish bahwa publikasi jurnal penelitian ini hanya satu-satunya.

"Sungguh hari ini suatu sejarah yang sakral dalam perjalanan hidup saya, rasa bahagia dan sedih tentunya bercampur aduk pada kesempatan ini," ungkanya.

"Perjuangan saya dalam mencapai titik ini memang berat dan tidak mudah, akan tetapi jika kita memiliki kesungguhan maka apapun bisa kita capai," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA