Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bekas Anggota Prihatin Dugaan Kecurangan Pemilu Tidak Ditemukan Bawaslu RI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 07 Februari 2023, 23:05 WIB
Bekas Anggota Prihatin Dugaan Kecurangan Pemilu Tidak Ditemukan Bawaslu RI
Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI/Net
rmol news logo Dugaan kecurangan dalam tahapan awal Pemilu Serentak 2024 yang dilaporkan Koalisi Masyarakat Kawal Pemilu Bersih menjadi perhatian salah seorang bekas anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI periode 2010–2012, Bambang Eka Cahya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

“Teman-teman di koalisi masyarakat sipil telah menjalankan tugas yang sangat penting untuk mengoreksi jalannya pemilu kita dan ini penting sekali,” ujal Bambang dalam diskusi Indonesia Corruption Watch (ICW) bertajuk “Jelang Sidang Kecurangan Pemilu: DKPP harus Tindak Penyelenggara Bermasalah” yang digelar virtual pada Selasa (7/2).

Namun, Bambang menyayangkan dugaan kecurangan yang terkait tahapan verifikasi parpol calon peserta Pemilu serentak 2024 yang dilaporkan Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Pemilu Bersih tidak ditemukan oleh Bawaslu RI periode 2022-2027.

“Saya justru sangat prihatin kenapa ini tidak datang dari Bawaslu. Itu pertanyaan saya. Dia punya instrumen, UU, aparat sampai ke daerah, tapi saya tidak melihat ada satu gerakan pun yang bicara soal ini. Ini menggelisahkan buat saya, terus terang,” keluhnya.

Menurutnya, seharusnya Bawaslu RI bisa memberikan peranannya sebagai lembaga pengawas pemilu yang profesional dan independen.

“Bawaslu tidak mengambil poin penting dalam menjaga integritas pemilu dalam proses ini, justru masyarakat sipil yang mengambil peran itu,” demikian Bambang menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA