Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Peta Pilpres Cair karena Partai dan Koalisinya Belum Jelas Tentukan Capres-cawapres

LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Rabu, 08 Februari 2023, 05:52 WIB
Peta Pilpres Cair karena Partai dan Koalisinya Belum Jelas Tentukan Capres-cawapres
Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam/RMOL
Lalu lintas pertemuan elite partai politik yang belakangan beda rencana koalisi akan menentukan siapa sosok calon presiden dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung pada tahun 2024 mendatang.

Meski sebelumnya sudah nampak pasti dengan Nasdem dan Partai Demokrat, PKS pada Selasa (7/2) melakukan kunjungan politiknya ke DPP Golkar. Di sisi lain, PKB yang sudah mendirikan Sekber bersama Gerindra juga akan bertandang ke Partai berlambang beringin pada Jumat (10/2) mendatang.

Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam berpendapat, bisa saja pertemuan PKS dengan Golkar yang sebelumnya didahului oleh Nasdem akan berbuah pada ditariknya Golkar dan KIB ke koalisi perubahan. Alasannya, belum jelasnya tokoh capres-cawapres yang hendak diusung KIB per hari ini.

"Namun jika magnet politik KIB lebih kuat, maka ini menjadi ujian soliditas bagi koalisi perubahan yang mulai tampak solid belakangan ini," demikian analisa Umam kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa malam (7/2).

Bagi Dosen Universitas Paramadina ini, sebelum komposisi Capres-Cawapres diketok oleh KPU pada 25 November 2023 mendatang, akan terus bermunculan berbagai spekulasi yang akan diusung oleh masing partai dan gerbong koalisinya.

"Maka rekonfigurasi koalisi dan kompromi politik masih memungkinkan terjadi," pungkas Umam.

ARTIKEL LAINNYA