Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sidang Proporsional Tertutup, Dasco Harap Hakim MK Dengarkan DPR

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 08 Februari 2023, 13:40 WIB
Sidang Proporsional Tertutup, Dasco Harap Hakim MK Dengarkan DPR
Ketua Harian Partai Gerindra yang juga Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco/Net
rmol news logo Mahkamah Konstitusi (MK) mulai menggelar sidang pleno terkait uji materi UU Pemilu soal sistem proporsional tertutup yang kini menjadi polemik.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad berharap, para hakim Mahkamah Konstitusi berlaku bijak dan arif serta mempertimbangkan masukan-masukan yang ada di masyarakat.

“Tentunya kami berharap dalam sidang-sidang MK, para hakim MK Juga melihat dinamika yang ada, pertimbangan dari DPR, pertimbangan dari pemerintah dan harapan orang banyak tentunya yang ingin juga melihat demokrasi di Indonesia berjalan dengan baik,” kata Dasco di Lapangan DPR RI, Komplek Parlemen, Senayan, Rabu (8/2).

Selain itu, pihaknya berharap MK melayangkan putusan untuk menyetujui sistem proporsional terbuka dan dapat memberikan kesempatan bagi seluruh masyarakat untuk menjadi wakil rakyat.

“Mudah-mudahan akan lebih memberikan kesempatan kepada seluruh unsur golongan masyarakat untuk mencalonkan diri berkiprah di legislatif melalui partai-partai politik yang ada,” tutupnya.

Diketahui, delapan partai politik di DPR RI sepakat untuk menolak sistem proporsional tertutup pada Pemilu 2024 mendatang, dan akhirnya mengajukan gugatan ke MK untuk menguji apakah sistem proporsional tertutup layak diterapkan. Dari delapan parpol, hanya satu partai yakni PDI Perjuangan yang menginginkan bahwa sistem proporsional tertutup diterapkan pada Pemilu 2024 nanti. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA