Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Jokowi: Karhutla di Provinsi Tanggung Jawab Pangdam dan Kapolda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 08 Februari 2023, 16:02 WIB
Presiden Jokowi: Karhutla di Provinsi Tanggung Jawab Pangdam dan Kapolda
Presiden Jokowi didampingi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam Rapim TNI dan Polri Tahun 2023/BPMI Setpres
rmol news logo Persoalan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih jadi perhatian Presiden Joko Widodo sebagaimana pesan yang disampaikan tujuh tahun silam.

Dikatakan Presiden Jokowi, karhutla merupakan tanggung jawab TNI dan Polri di daerah masing-masing.

"Seperti janjian saya tujuh tahun yang lalu masih berlaku sampai sekarang. Kalau ada kebakaran besar di provinsi, yang tanggung jawab Pangdam, Kapolda, Danrem," kata Presiden Jokowi setelah Rapat Pimpinan (Rapim) TNI dan Polri Tahun 2023 di The Sultan Hotel, Jakarta, Rabu (8/2).

Sejak tahun 2015, Presiden Jokowi sudah memperingatkan jajaran TNI-Polri di daerah untuk mengatasi karhutla. Bahkan, Pangdam hingga Kapolda yang lalai dalam mengatasi karhutla di wilayahnya terancam kehilangan jabatannya.

Lebih spesifik, Kepala Negara mengingatkan sejumlah provinsi yang berpotensi terjadi karhutla, yakni Provinsi Riau, Sumatera Utara, dan Kalimantan. Daerah-daerah tersebut juga perlu mewaspadai fenomena El Nino sekitar akhir Februari hingga Maret 2023.

“Karhutla kan ini El Nino, hati-hati. Tadi saya sudah memberikan warning untuk provinsi-provinsi Riau, Sumut, Kalimantan. Hati-hati karena nanti akhir Februari panasnya sudah naik,” demikian kata Presiden Jokowi. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA