Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jaga Harga Layanan Penerbangan, Tito Minta Pemda Bantu Pusat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Kamis, 09 Februari 2023, 03:20 WIB
Jaga Harga Layanan Penerbangan, Tito Minta Pemda Bantu Pusat
Mendagri Tito Karnavian/Net
rmol news logo Pemerintah daerah (Pemda) diminta membantu pemerintah pusat menjaga tingkat keterisian penumpang (load factor) pada sektor layanan penerbangan.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian saat dalam Rakor Pengendalian Inflasi Daerah di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Rabu (8/2).

Tito menjelaskan bahwa upaya itu dilakukan untuk menekan inflasi yang disebabkan tingginya harga avtur sehingga membuat tiket penerbangan menjadi mahal.

“Pemda diminta untuk membantu terutama kepala daerah keterisian penumpang agar load factor-nya cukup. Istilahnya semacam dibuat block seat, jadi dijamin seat-nya akan terisi,” katanya

Lebih lanjut, load factor tersebut menjamin dan menentukan Break Even Point (BEP) agar operator atau maskapai tidak rugi.

Atas dasar itu, faktor keterisian penumbang di setiap penerbangan perlu menjadi perhatian Pemda agar daerah-daerah yang memiliki bandara pesawatnya bisa beroperasi. Jika bandara beroperasi, Mendagri menyampaikan yang diuntungkan tidak hanya maskapai, tetapi juga Pemda dan masyarakat.

“Masyarakat tidak diberatkan karena (angkutan udara) berdampak kepada inflasi penyumbang nomor satu, (sebesar) 1,81 persen,” tuturnya.

Mantan Kapolri itu juga menjelaskan bahwa pemerintah pusat telah bebekerja secara bersama-sama dalam melakukan intervensi terkait kenaikan harga avtur. Beberapa lembaga itu antara lain: Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM), dan Kementerian Perdagangan.

Tito mengatakan, pihaknya tidak hanya berupaya mengupayakan soal harga, tetapi juga penyediaan spare part pesawat dan relaksasi pajak.

“Di antaranya adalah relaksasi pajak untuk operator,” ujarnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA