Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Temui Airlangga, Cak Imin Gelisah dengan Koalisi Bersama Prabowo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 10 Februari 2023, 21:13 WIB
Temui Airlangga, Cak Imin Gelisah dengan Koalisi Bersama Prabowo
Muhaimin Iskandar saat bertemu dengan Airlangga Hartarto tadi pagi, Jumat (10/2)/Net
rmol news logo Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar yang bertemu dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menimbulkan banyak tafsir.

Pengamat politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga melihat, pertemuan tersebut lantaran kegelisahan PKB terhadap masa depan koalisi bersama dengan Gerindra yang tidak kunjung ada kepastian.

Oleh kareananya, menurut Jamiluddin, Cak Imin tengah berupaya mendesak dengan berada pada posisi tawar menawar terhadap Gerindra, salah satunya ialah menemui Airlangga Hartarto yang notabene Ketua Umum Golkar, partai politik yang disebut motor Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama PAN dan PPP.

“Pertemuan ini tampaknya dijadikan bargaining kepada Prabowo untuk mempercepat deklarasi capres,” kata Jamiluddin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (10/2).

Menurutnya, jika Gerindra mengabaikan kegelisahan hati Cak Imin, maka tidak menutup kemungkinan PKB bakal berpaling dan berlabuh ke KIB lantaran tampak mesra dengan Golkar pagi tadi.

“Kalau hal itu diabaikan, Cak Imin bisa saja pindah haluan ke Golkar. Sebab, kalau Golkar dan PKB berkoalisi, maka PT 20 persen sudah cukup,” imbuhnya.

“Peluang ke arah itu tentu terbuka bila Cak Imin mendapat porsi cawapres. Sementara Airlangga jadi capresnya,” tutupnya. rmol news logo article

EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA