Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei PWS, Perindo Tembus 4 Besar Partai Peduli Pertanian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Sabtu, 11 Februari 2023, 04:42 WIB
Survei PWS, Perindo Tembus 4 Besar Partai Peduli Pertanian
Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo/Ist
rmol news logo Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menembus posisi 4 besar partai politik yang peduli terhadap sektor pertanian. Hal ini terpotret dalam survei Political Weather Station (PWS) yang dilakukan pada 23 sampai 31 Januari 2023 di 34 Provinsi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Sebanyak 6,7 persen responden menilai Partai Perindo peduli terhadap masalah pertanian di Republik ini," kata peneliti PWS, Sharazani, yang dikutip Kantor Berita RMOLJakarta, Jumat (10/2).

Hasil survei ini berdasarkan jawaban responden saat ditanya tentang 18 partai politik peserta Pemilu 2024.

"Partai besutan Hary Tanoesoedibjo ini juga dipersepsikan publik sebagai salah satu partai yang peduli masalah pertanian bersama Partai Gerindra, PDI Perjuangan, dan Partai Golkar," tutur Sharazani.

Berdasarkan survei PWS mengenai pertanian tersebut, di antara 18 partai peserta Pemilu 2024, Gerindra dianggap sebagai partai yang paling peduli pertanian dan berada di posisi pertama dengan 14,8 persen. Lalu, PDI Perjuangan dengan 13,9 persen dan Partai Golkar mencapai 9,6 persen.

Partai Perindo menjadi satu-satunya partai nonparlemen yang menembus 4 besar dengan 6,7 persen sebagai partai yang dinilai memiliki kepedulian terhadap sektor pertanian.

Capaian Partai Perindo itu layak diapresiasi di tengah 30,9 persen responden lainnya menilai tidak ada partai yang peduli terhadap masalah pertanian di negeri ini.

Survei PWS dilakukan dari 23 sampai 31 Januari 2023 di 34 provinsi. Populasi dari survei itu adalah seluruh warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih atau seluruh penduduk Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun dan/atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah.

Jumlah sampel sebesar 1.200 responden, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara acak sistematis (systematic-random sampling). Margin of error+/- 2,83 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.

"Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara melalui telepon (telesurvey) dengan pedoman kuesioner. Responden terdistribusi 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan, serta 60 persen penduduk pedesaan dan 40 persen penduduk perkotaan," demikian Sharazani. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA