Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertemuan Airlangga-Cak Imin Bagian Trik PKB Mengancam Gerindra

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Sabtu, 11 Februari 2023, 10:21 WIB
Pertemuan Airlangga-Cak Imin Bagian Trik PKB Mengancam Gerindra
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar/Net
rmol news logo Pertemuan politik antara Ketum PKB, Muhaimin Iskandar dan Ketum Golkar, Airlangga Hartarto mengandung makna lain bagi Gerindra.

Pengamat politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga berpandangan, manuver Cak Imin, sapaan Muhaimin Iskandar ke Golkar bisa diartikan sebagai warning bagi Gerindra yang tak kunjung menetapkan bakal cawapres.

Bila PKB bergabung dengan Golkar dalam wadah Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), maka koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) terancam bubar. Kans Gerindra bergabung ke Golkar pun tipis, mengingat kedua partai sama-sama menginginkan tiket calon presiden 2024.

“Kondisi dilematis ini yang tengah dimainkan Ketua Umum PKB agar Prabowo mengakomodir keinginan Cak Imin menjadi cawapresnya,” kata Jamiluddin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (11/2).

Cak Imin, kata Jamiluddin, sudah berulangkali mendesak Prabowo untuk membicarakan pasangan cawapres yang akan diusung. Namun sayang, hingga kini Gerindra masih bergeming.

Di sisi lain, jika PKB memutuskan bersama Golkar, maka Gerindra akan sendirian. Kondisi ini tentu akan menyulitkan partai pimpinan Prabowo Subianto untuk bermanuver dengan parpol lain, termasuk dengan PDIP yang sempat diisukan akan bersama di 2024.

“PDIP tampaknya akan tebal ngotot kadernya yang jadi capres. Sementara kader partai lain hanya jadi cawapres,” tandas Jamiluddin. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA