Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BMKG: Gempa Magnitudo 5,2 di Jayapura Berpusat di Darat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Sabtu, 11 Februari 2023, 13:42 WIB
BMKG: Gempa Magnitudo 5,2 di Jayapura Berpusat di Darat
Salah satu rumah di Kota Jayapura terdampak gempa/Net
rmol news logo Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa yang terjadi di Jayapura, Papua, pada Kamis (9/2), berlokasi di darat.

“Dari hasil monitoring kami gempa bumi yang terjadi 9 Februari kemarin dengan kekuatan 5,4 update 5,2 berlokasi di darat,” ujar Kordinator Bidang Observasi di Balai Besar BMKG Wilayah 5 Jayapura Danang secara virtual, Sabtu (11/2).

Danang juga menyampaikan, gempa sebelumnya yang terjadi pada 2 Januari 2023 berlokasi di laut dengan kedalaman 10 km. Dampak yang dirasakan sangat berbeda antara gempa di darat dan di laut.

“Ini dampaknya berbeda dengan gempa kemarin tanggal 9, berlokasi di darat kedalaman dangkal 10 km kekuatan 5,2. Sehingga dampak yang terjadi adalah menimbulkan banyaknya kerusakan infrastruktur yang terjadi di Jayapura,” katanya.

Dia menambahkan, BMKG akan berkoordinasi dengan BPBD untuk melakukan mitigasi dengan memberikan imbauan kepada masyarakat setempat untuk memperhatikan bangunan rumahnya jika berada di dekat sumber gempa.

“Karena, terlihat juga kondisi bangunannya sudah dalam keadaan yang kurang baik. Bisa tinggal di tempat saudara atau posko-posko yang sudah disiapkan oleh pemerintah,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA