Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meutya Hafid: Digitalisasi Penting Dilakukan UMKM Agar Tak Tertinggal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 11 Februari 2023, 22:09 WIB
Meutya Hafid: Digitalisasi Penting Dilakukan UMKM Agar Tak Tertinggal
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafida Hafid/Net
rmol news logo Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) harus cerdik dalam memanfaatkan perkembangan media digital untuk memperluas pemasaran produk.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pasalnya, kata Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafida Hafid selama ini, kemampuan ekspor UMKM masih terbatas dan pemanfaatan digital melalui e-commerce juga masih rendah.

“Seluruh sektor sudah beralih ke digital. Artinya UMKM juga perlu beralih ke digital," ujar Meutya dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator yang digelar, Sabtu (11/2).

Bagi legislator Partai Golkar itu, UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,2 juta, dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07 persen atau senilai Rp 8.573,89 triliun.

Di antara angka tersebut, kata Meutya, tidak sedikit UMKM yang kemudian sukses ketika go digital, dengan memanfaatkan marketplace untuk berjualan, dan media sosial sebagai promosi.

"Sebab itu digitalisasi UMKM penting dilakukan agar usaha tak tertinggal dan dapat beradaptasi," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA