Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Awasi Coklit, Bawaslu Minta Tambahan Staf ke Menpan-RB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 17 Februari 2023, 19:04 WIB
Awasi Coklit, Bawaslu Minta Tambahan Staf ke Menpan-RB
Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja usai menghadiri acara pelantikan Sekretaris Jenderal Bawaslu RI, Jumat (17/2)/RMOL
rmol news logo Keterbatasan sumber daya manusia (SDM) menjadi kendala Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam mengawasi jalannya tahapan pencocokan daftar pemilih (coklit).

Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja usai menghadiri acara pelantikan Sekretaris Jenderal Bawaslu RI di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Bendungan Hilir, Jakarta Selatan, Jumat (17/2).

“Kami mengawasi secara melekat pada saat ini semua panitia pendaftaran pemilih. Akan tetapi, agak sulit untuk mengimbangi, kenapa, karena staf kami terbatas, sedangkan KPU mempunyai Pantarlih,” ujar Bagja.

Anggota Bawaslu RI dua periode ini menjelaskan, jumlah Panitia pengawasan Kecamatan (Panwascam) yang dimiliki Bawaslu di daerah bervariasi, yakni mulai dari 1 hingga 3 orang saja.

“Ditambah dengan staf (Bawaslu) daerah. Itu pun sangat kurang,” ucapnya.

Maka dari itu, Bagja meminta coklit yang dilaksanakan panitia pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) yang dibentuk Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) bisa diawasi maksimal dengan penambahan jumlah staf.

“Oleh sebab itu, kami minta kepada Menpan RB (Abdullah Azwar Anas) untuk menambah staf yang ada di kabupaten/kota,” demikian Bagja menambahkan.

Jadwal coklit Pemilu Serentak 2024 dilaksanakan oleh Pantarlih sejak 12 Februari hingga 14 Maret 2023.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA