Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Jokowi Lepas Bantuan Tahap Tiga Gempa Turki dan Suriah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 21 Februari 2023, 10:15 WIB
Presiden Jokowi Lepas Bantuan Tahap Tiga Gempa Turki dan Suriah
Presiden Joko Widodo didampingi Menko PMK Prof Muhadjir Effendy dan Menlu Retno Marsudi./rmol
rmol news logo Pemerintah Indonesia kembali mengirim bantuan kemanusiaan, mendukung penanganan gempa di Turki dan Suriah.

Pelepasan bantuan tahap ketiga dipimpin langsung Presiden Joko Widodo dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (21/2). Bantuan diterbangkan dengan dua pesawat menuju Turki dan dua pesawat ke Suriah.

"Pagi hari ini kita mengirimkan empat pesawat ke Turki dan ke Suriah, berisi 140 ton bahan makanan dan bahan logistik lain yang sangat dibutuhkan di sana," kata Jokowi.

Dia berharap paket bantuan yang dikirim bisa membantu meringankan beban.

Pada tahap pertama, Indonesia mengirimkan tim pencarian dan pertolongan (SAR) sebanyak 49 orang, berkualifikasi internasional.

Bantuan tahap dua berupa Emergency Medical Team (EMT) atau tim medis darurat, termasuk membangun rumah sakit lapangan Indonesia. EMT yang dikirimi sesuai standar World Health Organization (WHO).

Tampak hadir Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Prof Muhadjir Effendy, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, serta jajaran pejabat tinggi BNPB, perwakilan Kemenkes, perwakilan TNI/Polri, dan relawan penanganan bencana. rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA