Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Muktamar ke-XVIII Pemuda Muhammadiyah Bakal Dibuka Presiden

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 22 Februari 2023, 12:26 WIB
Muktamar ke-XVIII Pemuda Muhammadiyah Bakal Dibuka Presiden
Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Sunanto alias Cak Nanto/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri pembukaan Muktamar ke-XVIII Pemuda Muhammadiyah, di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (22/2) hari ini.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

“Pak Presiden akan membuka Muktamar Muhammadiyah dengan tema 'Pemuda Negarawan, Harmoni Membangun Indonesia' di Dome Sport Centre Balikpapan,” kata Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Sunanto.

Cak Nanto -sapaan akrabnya- mengatakan, Muktamar Pemuda Muhammadiyah diselenggarakan selama empat hari, dari Selasa, 21 Februari sampai Jumat, 24 Februari 2023.

Substansi utama muktamar, kata dia, merumuskan agenda strategis keumatan, kebangsaan, dan kemanusiaan, semesta, serta memilih pemimpin baru periode lima tahun ke depan.

Tema muktamar kali ini “Pemuda Negarawan, Harmoni Memajukan Indonesia”. Ada 38 bakal calon ketua umum Pemuda Muhammadiyah yang sudah mendaftar dan telah mendapat rekomendasi dari 5 pimpinan wilayah.

“Ada 38 calon formatur dari seleksi administrasi, tapi sebagian mengundurkan diri. Saat ini ada 36 kandidat, semuanya berpotensi menjadi ketua umum,” jelasnya.

Sekitar 1.200 kader Pemuda Muhammadiyah yang terdiri dari 112 pengurus pimpinan daerah dari 34 provinsi dan 512 kabupaten dan kota, dipastikan hadir.

Muktamar dimulai dengan pembukaan Tanwir Pra Muktamar pada Selasa (21/2). Selanjutnya ada pleno I Tanwir terkait tata tertib, penetapan calon formatur, dan penetapan kepesertaan. Di sore hari digelar penutupan Tanwir pra muktamar digelar.

Pada Rabu (22/2) pagi dilanjutkan sidang pleno IV terkait pemilihan formatur PP Pemuda Muhammadiyah.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir beserta Gubernur Kaltim, Isran Noor, dijadwalkan hadir. Malam harinya digelar gala dinner dengan Menteri BUMN, Erick Thohir.

Memasuki hari ketiga, Kamis (23/2), melanjutkan sidang pleno V terkait rapat formatur untuk penentuan ketua umum dan sekretaris jenderal PP Pemuda Muhammadiyah periode 2022-2026.

Menjelang siang digelar seminar nasional bertajuk "Menggagas Indonesia Baru" bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Ketua Umum Kadin, Arsjad Rasjid.

Pada penutupan akan dibacakan keputusan induk muktamar ke-XVIII oleh presidium sidang. Selain itu ada sambutan-sambutan, antara lain Ketua Umum demisioner PP Pemuda Muhammadiyah, Cak Nanto, ketua umum terpilih periode 2022-2026, dan amanat PP Muhammadiyah sekaligus menutup Muktamar XVIII melalui Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Prof Dr Abdul Mu’ti MA. rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA