Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jepang dan AS Segera Cabut Status Pandemi Covid-19, Kemenkes Bakal Temui WHO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 22 Februari 2023, 13:45 WIB
Jepang dan AS Segera Cabut Status Pandemi Covid-19, Kemenkes Bakal Temui WHO
Menkes Budi Gunadi Sadikin saat berkunjung ke Posyandu Cempaka III, Cempaka Putih Barat, Jakarta Pusat, Rabu (22/2)/Net
rmol news logo Meskipun perkembangan Covid-19 di Indonesia menunjukkan tanda penurunan, namun Pemerintah belum memutuskan mencabut status pandemi menjadi endemi.

Menurut Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), telah menyerahkan transisi pandemi ke endemi ke masing-masing negara.

"Cuma dia (WHO) kasih catatan, kalau bisa diselaraskan dengan negara-negara lain," kata Budi saat berkunjung ke Posyandu Cempaka III, Cempaka Putih Barat, Jakarta Pusat, Rabu (22/2).

Menkes pun membocorkan ada dua negara yang dalam waktu dekat akan bertransisi dari status pandemi menjadi endemi.

"Saya kasih tahu sudah ada dua negara yang berencana mengubah dari pandemi ke endemi, yaitu Jepang dan Amerika Serikat (AS). Perkiraannya itu di sekitar Mei atau Juni," ujar Budi Gunadi.

Budi menambahkan, Kemenkes berencana akan menemui WHO untuk membicarakan status pandemi di tanah air. Pertemuan itu rencananya berlangsung Mei mendatang.

"Kalau kita melakukan (mencabut status pandemi) apakah itu tepat, proper, atau cara yang timing pas seperti apa? Karena biar bagaimana pandemi ini kan dunia, akan lebih baik kalau kita koordinasi dengan negara-negara di dunia," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA