Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Patut Dipertimbangkan Jokowi, Ini 5 Kriteria Calon Gubernur BI Pengganti Perry Warjiyo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 22 Februari 2023, 14:51 WIB
Patut Dipertimbangkan Jokowi, Ini 5 Kriteria Calon Gubernur BI Pengganti Perry Warjiyo
Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira/Net
rmol news logo Masa jabatan Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, yang akan berakhir pada Mei tahun ini turut disorot ekonom. Ada beberapa kriteria yang dinilai patut untuk dipertimbangkan Presiden Joko Widodo, khususnya ketika menunjuk salah seorang tokoh yang namanya sudah muncul di publik.

Usulan mengenai kriteria Gubernur BI tersebut disampaikan Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira, yang mendapati sejumlah nama sudah masuk ke kantong Jokowi untuk dibawa ke DPR RI.

“Calon Gubernur BI setidaknya harus punya lima kriteria,” ujar Bhima kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (22/2).

Bhima merinci, kriteria pertama yang patut dipertimbangkan Jokowi dalam menunjuk Gubernur BI adalah terkait dengan kebijakan.

Ia menggarisbawahi kebijakan yang dilakukan pada periode kedua Presiden Jokowi ketika menjaga stabilitas ekonomi dalam masa pandemi Covid-19 lalu, yakni berupa pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dilakukan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.

Belakangan, nama Sri Mulyani ikut masuk daftar calon Gubernur BI pengganti Perry Warjiyo.

“Kriteria pertama (calon Gubernur BI) berani menolak melanjutkan burden sharing atau cetak uang dalam rangka menyelamatkan defisit APBN,” urainya.

Kemudian yang kedua, disebutkan Bhima, sosok calon Gubernur BI harus mencari opsi stabilitas kurs, yakni terpaku pada kebijakan konvensional naik turun suku bunga acuan.

“Sedangkan kriteria ketiga, memiliki integritas atau tidak punya masalah konflik kepentingan dan track record yang bersih,” sambungnya.

Adapun kriteria keempat dan kelima, Bhima menekankan soal proyeksi kebijakan yang harus dimiliki oleh calon Gubernur BI. Baik itu terkait pengelolaan maupun pengembangannya.

“Kriteria keempat, punya komitmen mengarahkan kebijakan moneter yang pro mitigasi perubahan iklim,” tuturnya.

“Dan kelima, paham dan mampu mengendalikan arah perkembangan teknologi, termasuk soal rupiah digital dan cepatnya inovasi fintech payment,” demikian Bhima menutup.

Adapun nama-nama calon Gubernur BI yang disebut-sebut telah dikantongi Presiden Jokowi antara lain Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati; Ketua Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa; dan Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti.

Namun hari ini muncul kabar, Jokowi kembali mengajukan nama Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI untuk kedua kalinya ke DPR RI. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA