Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Legislator PAN: Kadang, Masyarakat Terbawa Suasana Mengekspose Data Pribadi di Media Sosial

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 23 Februari 2023, 02:10 WIB
Legislator PAN: Kadang, Masyarakat Terbawa Suasana Mengekspose Data Pribadi di Media Sosial
Anggota Komisi I DPR RI Ahmad Rizki Sadig/Net
rmol news logo Situasi pandemi Covid-19 menjadi salah satu andil dari cepatnya pertumbuhan ruang digital di Indonesia hari ini. Tidak terkecuali, peningkatan masyarakat yang aktif di media sosial.

Begitu dikatakan anggota Komisi I DPR RI Ahmad Rizki Sadig dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk "Waspada Jejak Digital Terbawa Sampai Masa Depan Kita", Rabu (22/2).

Hanya saja, kata dia, perkembangan ruang digital itu menyisakan beberapa catatan. Terutama, ketika masyarakat terjebak arus viral saat bermedia sosial.

Bahkan, kata legislator Partai Amanat Nasional (PAN) itu, masyarakat terkadang secara tidak sadar membagikan sesuatu yang tidak seharusnya, termasuk soal data pribadi.

“Masyarakat terkadang terbawa suasana untuk kemudian ikut-ikutan terhadap apa yang dilakukan oleh orang lain, tanpa sadar kita mengekspose diri kita dan data pribadi, serta menyakiti orang lain,” ujarnya.

Padahal, lanjutnya, masyarakat harus tahu bahwa apapun yang sudah dibagikan di media sosial, akan menjadi satu jejak digital yang sifatnya sulit dihapuskan sampai waktu ke depan.

“Jejak digital itu tidak bisa dihapus, untuk menghapus itu maka kita harus memperbanyak berita-berita yang lain yang positif, sehingga jejak digital kita yang negatif tertutup,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA