Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Sesuai Ekspektasi, Studi Kelayakan Pembangunan IKN Dipertanyakan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 24 Februari 2023, 13:57 WIB
Tak Sesuai Ekspektasi, Studi Kelayakan Pembangunan IKN Dipertanyakan
Igor Dirgantara /Net
rmol news logo Pembangunan ibu kota negara (IKN) yang awal tahun ini diekspektasikan berdiri gedung-gedung pemerintahan, belum terwujud. Bahkan saat kepala negara datang dan menginap lagi sejak Rabu (22/2) hingga Jumat (24/2) hari ini, di lokasi IKN, di Kalimantan Timur.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menyikapi itu, pengamat sosial politik dari Universitas Jayabaya, Igor Dirgantara, memberikan sejumlah perspektif tentang sebab tidak tercapainya ekspektasi Presiden Jokowi di awal tahun ini.

“Ada yang kontras saat Jokowi menginap semalam di IKN. Janji bahwa akan banyak gedung berdiri ternyata belum terlihat, yang ada masih hutan,” tutur Igor kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (24/2).

Menurutnya ada dua faktor utama yang membuat proyek IKN belum juga menunjukkan progres pembangunan, khususnya tahap pertama yang katanya berupa gedung-gedung pemerintahan.

“Bisa jadi karena minimnya studi kelayakan, seperti halnya proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, dan ketidaksiapan pendanaan yang dilakukan saat ekonomi global sedang melambat,” tuturnya.

Sebab itu Igor berpendapat, sangat dimungkinkan proyek pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur tidak selesai, meski Pemilu Serentak 2024 selesai digelar.

“IKN merupakan proyek mercusuar yang tidak mungkin diselesaikan Jokowi sampai akhir kepemimpinannya. Kalau pun terus berjalan, diprediksi selesai pada 2045,” pungkas Igor. rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA