Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jaga Soliditas, Jokowi Mainkan Politik 3 Kaki

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 27 Februari 2023, 10:35 WIB
Jaga Soliditas, Jokowi Mainkan Politik 3 Kaki
Efriza /RMOL
rmol news logo Skema politik bercabang tengah dimainkan Presiden Joko Widodo, jelang perhelatan Pilpres 2024, ditandai pada momentum besar beberapa partai politik (Parpol) sejak tahun lalu hingga awal tahun ini.

“Presiden Jokowi di berbagai acara menunjukkan hal berbeda, terkait Capres,” jelas pengamat politik dari Citra Institute, Efriza, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (27/2).

Menurutnya, Jokowi tidak hanya memainkan politik dua kaki, tapi sudah di atas kewajaran, yaitu 3 kaki. Setidaknya dia melihat gelagat dukungan Jokowi berbeda pada acara Parpol anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

“Di acara Perindo dan PPP dia bicara tentang Prabowo, di acara PAN ia menunjukkan kedekatan dengan Ganjar sama dengan keinginan Rakornas PAN,” katanya lagi.

“Sedangkan pada Musra Relawan, Jokowi mendukung Airlangga. Ini menunjukkan Jokowi punya tiga kandidat yang didukungnya, dari dua koalisi,” sambung Efriza.

Dari fenomena itu, dosen Ilmu Pemerintahan Universitas Sutomo itu menduga, ada udang di balik batu dari sikap Jokowi yang berbeda pada beberapa kali menghadiri acara kepartaian.

“Ketiga nama yang disebutkan itu jelas sebagai upaya Jokowi menjaga soliditas di pemerintahan,” pungkas Efriza.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA