Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jusuf Kalla Hingga Akbar Tanjung Diberi Penghargaan Alumni HMI Inspiratif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 27 Februari 2023, 23:30 WIB
Jusuf Kalla Hingga Akbar Tanjung Diberi Penghargaan Alumni HMI Inspiratif
Dies Natalis HMI ke-76 yang diselenggarakan di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (27/2)/RMOL
rmol news logo Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) memberikan penghargaan kepada sejumlah alumni HMI yang dianggap inspiratif dan memberikan kontribusi serta dedikasinya terhadap Islam dan bangsa Indonesia.

Penghargaan itu diberikan kepada para sosok inspiratif HMI dalam acara Dies Natalis HMI ke-76 yang diselenggarakan di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (27/2).

Adapun sosok alumni inspiratif yang telah berkontribusi dalam peradaban Indonesia yang mendapatkan penghargaan dari HMI yakni;

Hj. Roesna Syafria (Umi Cia). Wanita yang akrab disapa Bundo Kanduang HMI, dikenal sebagai penjaga etika HMI, di masa orde baru Umi Cia juga tempat bernaung aktivis HMI sejak jaman orde baru. Sejumlah aktivis yang menjadi incaran pemerintah kala itu bernaung di kediamannya di kawasan Cilandak, dan berhasil membebaskan para aktivis HMI dari jeratan hukum.

Kemudian, Akbar Tanjung yang sudah diketahui bagi seluruh kader HMI sosok yang memiliki segudang prestasi karena dedikasinya terhadap pembangunan bangsa Indonesia. Dedikasi Akbar Tanjung tampak dalam bidang politik melintas zaman dan rezim.

Lalu, mantan Wakil Presiden ke 10 dan 12 ini sosok yang tidak asing di Indonesia. Pria asal Bone itu telah dua kali menjadi wakil presiden periode 204-2009 dan 2014-2019. JK juga dikenal sebagai seorang pengusaha handal, saat ini berbagai bisnis JK di bawah naungan Kalla Group, terutama di kawasan Indonesia Timur.

Kiprah JK di bidang politik dan pemerintahan dimulai pada tahun 1999 saat dipercaya menjadi Menteri Perindustrian dan Perdagangan di era pemerintahan Gusdur, kemudian menjadi Menteri Koordinaror Bidang Kesejahteraan Rakyat era Megawati. Nama JK begitu harum dalam mencetuskan perjanjian perdamaian antara pemerintah dan Gerakan Aceh Merdeka pada tahun 2005.

Di tahun 2001 saat menjabat sebagai Menkokesra, JK menginisiasi deklarasi Manilo yang menuntut perdamaian di Poso, hingga disebut sebagai bapak perdamaian. Prestasi gemilang JK di bidang ekonomi, periode pertama pemerintah berhasil menekan subsidi minyak tanah dengan memberlakukan konversi gas 3kg program yang digawangi oleh JK hasilnya APBN bisa dihemat triliunan rupiah.

Selanjutnya Sakib Machmud, semenjak kuliah di ITB, Sakib Machmud aktif dalam sebagai seksi kerohanian di dewan mahasiswa ITB, beliau permah menjadi dosen tidak tetap mata kuliah Islam di ITB.

Terakhir, Ida Ismail Nasution. Waketum Himpunan Alumni IPB ini mendapatkan gelar MBA di New York. Ida Ismail Nasution telah 25 tahun aktif di berbagai organisasi internasional, sambil mendampingi suaminya yang seorang diplomat. Beliau juga dikenal sebagai aktivis mahasiswa 1960, ikut membidani lahirnya Kohati dan menjadi Ketum Kohati PB HMI 1969 -1971. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA