Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PAN Dukung Ganjar-Erick, Saiful Anam: Pasti Sudah Dapat Restu Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 01 Maret 2023, 09:58 WIB
PAN Dukung Ganjar-Erick, Saiful Anam: Pasti Sudah Dapat Restu Jokowi
Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam/Ist
rmol news logo Dukungan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan alias Zulhas, terhadap Ganjar Pranowo dan Erick Thohir untuk maju dalam kontestasi Pemilu 2024 diyakini sudah mendapat restu dari Presiden Joko Widodo. Bahkan, hal itu dianggap sebagai bagian dari upaya Jokowi untuk mempertahankan kekuasaannya.

Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam mengatakan, gelagat Jokowi di acara Pembukaan Workshop dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemenangan Pemilu PAN pada Minggu (26/2), terlihat masih ingin mempertahankan kekuasaannya.

Yaitu dengan cara mengkoordinir partai politik untuk ikut memberikan dukungan kepada kandidat capres dan cawapres yang jadi jagoannya.

"Saya lihat pada acara Rakornas PAN, kekuasaan Jokowi masih tampak. Bayangkan, Zulhas sampai terang-terangan secara terbuka menyampaikan dukungan kepada Ganjar-Erick. Kalau tidak mendapatkan restu dari Jokowi saya kira Zulhas tidak akan berani menyampaikan secara terbuka di depan Jokowi," ujar Saiful kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (1/3).

Selain itu, lanjut akademisi Universitas Sahid Jakarta ini, gestur Jokowi juga tampak sumringah dengan pemberian dukungan Zulhas kepada Ganjar-Erick.

"Saya kira ini pertanda bahwa Jokowi lebih condong mendukung keduanya. Tidak hanya itu kepala-kepala daerah se-Jateng tampak banyak yang hadir pada acara tersebut, ini sangat luar biasa. Sehingga ini bisa memunculkan arah politik bahwa ada simpul kekuatan Jokowi di situ," pungkas Saiful. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA