Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Bermanuver lewat PAN, Mega dan PDIP Jangan Goyah Usung Puan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 01 Maret 2023, 11:17 WIB
Jokowi Bermanuver lewat PAN, Mega dan PDIP Jangan Goyah Usung Puan
Saiful Anam /RMOL
rmol news logo Meski Partai Amanat Nasional (PAN) mendukung Ganjar Pranowo dan Erick Thohir, Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati, harus tetap mempertahankan pilihan politiknya dan tidak goyah dengan manuver politik yang dilakukan Presiden Jokowi.

Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam, mengatakan, Ketum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas diyakini tidak akan berani memberi dukungan kepada Ganjar-Erick di hadapan presiden, jika sebelumnya tidak mendapat restu dari Jokowi.

"Kalau tidak mendapat restu dari Jokowi, saya kira Zulhas tidak akan berani menyampaikan secara terbuka seperti itu," jelas Saiful kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (1/3).

Akademisi Universitas Sahid Jakarta itu menilai, bila Megawati dan trah Soekarno tidak ingin dikatakan di bawah kendali Jokowi, maka harus mempertahankan apa yang jadi pilihan politiknya.

"Saya yakin Megawati masih ingin mempertahankan wibawanya, ia akan tegak lurus mempertahankan hal-hal yang jadi pilihan politiknya, termasuk tidak terpengaruh dengan manuver Jokowi yang lebih mendukung Ganjar-Erick," kata Saiful.

Dia juga yakin, Megawati dan kader terbaik PDIP tidak tergoyahkan dan akan tetap mengusung Puan Maharani sebagai kader terbaik partai yang akan melanjutkan perjuangan ideologi Soekarno.

"Saya yakin Mega tegak lurus pada apa yang dia yakini, tidak menghiraukan segala hal yang memecah belah partai, misalnya Parpol lain mengusung kader PDIP seperti Ganjar. Dengan perolehan kursi 20 persen di DPR bisa leluasa memantapkan pilihan politik pada Puan, dan punya waktu cukup untuk sosialisasi," pungkas Saiful.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA