Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PeduliLindungi Ganti Satu Sehat, Komisi IX Bakal Panggil Kemenkes

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 02 Maret 2023, 08:22 WIB
PeduliLindungi Ganti Satu Sehat, Komisi IX Bakal Panggil Kemenkes
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati (tengah) /Net
rmol news logo Data kesehatan pribadi yang rentan bocor pada proses peralihan aplikasi PeduliLindungi ke Satu Sehat, disorot Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati.

Legislator Fraksi PKS itu berpendapat, aplikasi Satu Sehat terkoneksi dengan semua data rumah sakit, termasuk laboratorium, serta menyimpan data rekam medik pasien yang bersifat rahasia, dan itu sangat rentan jika masuk aplikasi.

Dia mengingatkan, data rekam medis pasien bersifat rahasia, sebagaimana diatur pada UU Praktik Kedokteran dan UU tentang Rumah Sakit serta Permenkes 269/MENKES/PER/III/2008 tentang Medis.

"Jika benar platform Satu Sehat merekam semua medical record pribadi, ini masuk kategori sangat privat sekali. Bagaimanapun hanya pasien yang berhak tau informasi rekam medis miliknya, dan itu hak asasi," tegas Kurniasih, kepada wartawan, Kamis (2/3).

Belajar dari kebocoran data yang kerap dialami di Indonesia, dia khawatir keamanan data rahasia milik pasien tidak benar-benar terjaga sebagaimana mestinya.

"Ketika semua disatukan dalam satu platform Satu Sehat, kekhawatiran atas kerentanan data justru lebih tinggi. Saat ini kita masih reses, kita akan panggil Kemenkes untuk menjelaskan secara detil," tutupnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA