Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rubicon Rafael Alun Atas Nama Seorang Cleaning Service, Ahmad Ali: Bisa jadi untuk Menghindari Pajak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 03 Maret 2023, 14:11 WIB
Rubicon Rafael Alun Atas Nama Seorang <i>Cleaning Service</i>, Ahmad Ali: Bisa jadi untuk Menghindari Pajak
Anggota Komisi III DPR RI Ahmad Ali
rmol news logo Mobil Rubicon milik mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo, kembali menyita perhatian. Belakangan, mobil Rubicon itu diketahui milik seorang cleaning service bernama Ahmad Saefudin yang bermukim di gang sempit kawasan Jakarta Selatan.

Soal temuan fakta itu, anggota Komisi III DPR RI Ahmad Ali menuturkan, kemungkinan ada indikasi pencatutan nama Ahmad Saefudin untuk menghindari pajak progresif kendaraan mewah Rafael Alun Trisambodo.

"Bisa jadi itu modus menghindari pajak, pajak kendaraan yang lebih dari dua kendaraan itu kena pajak tambahan. Kita juga kadangkala begitu, tapi bukan untuk mengaburkan," kata Ahmad Ali kepada wartawan, Jumat (3/3).

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem ini menambahkan, KPK perlu menelusuri asal usul Ahmad Saefudin tersebut, apakah ada relasi khusus antara Ahmad dengan Rafael atau tidak.

"Kalau di korporasi itu bisa jadi, pakai nama karyawan. Bisa ditelusuri itu, karyawan bukan (Ahmad). Kalau kemudian tiba-tiba orangnya tidak ada di korporasi atau di circlenya, bisa jadi itu suatu modus kan," ketusnya.

Selain itu, kata Ahmad Ali, patut diduga juga pencatutan nama Ahmad Saefudin oleh Rafael sebagai modus pencucian uang.

"Atau kemudian, itu suatu modus untuk menggunakan orang, supaya tidak terdeteksi. Bukan hanya menghindari pajak tapi kepemilikan mobil untuk pencucian uang," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA