Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PIALA DUNIA U-20

Ingat, Bung Karno Pun Pernah Menolak Israel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 07 Maret 2023, 10:54 WIB
Ingat, Bung Karno Pun Pernah Menolak Israel
Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih/Net
rmol news logo Sikap tegas bangsa Indonesia perlu ditunjukkan kepada dunia untuk menolak masuknya Israel sebagai finalis Piala Dunia U-20 yang akan digelar pada 20 Mei-11 Juni 2023 di Indonesia.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih mengatakan, Israel adalah negara yang masih menjajah Palestina. Sementara Indonesia, sangat tegas menolak penjajahan terhadap suatu negara.

Bahkan penolakan terhadap Israel sudah pernah dilakukan oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno saat gelaran Asian Games IV pada 24-31 Agustus 1962 silam.

“Ini amanah konstitusi dan para pendiri bangsa. Penolakan terhadap delegasi Israel untuk masuk Indonesia pernah dilakukan oleh Presiden Soekarno," kata Abdul Fikri kepada wartawan, Selasa (7/3).

Ia lantas menyinggung sikap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang menyatakan sikap pembelaan Indonesia terhadap Palestina pada pertemuan Menlu G20. Menurutnya, sikap ini perlu dipegang secara konsisten.

Apalagi berdasarkan data pejabat Palestina, sedikitnya 63 orang sipil dan pasukan pertahanan meninggal dunia di tahun 2023 akibat penjajahan yang dilakukan Israel.

“Saya berharap pemerintah dapat konsisten dalam membela Palestina dan tegas terhadap Israel,” tutup politisi PKS ini.


Adapun negara yang lolos sebagai finalis Piala Dunia U-20 adalah Indonesia, Inggris, Prancis, Italia, Slovakia, Amerika Serikat, Honduras, dan Israel.
 
Piala Dunia U-20 akan digelar di beberapa tempat, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar). rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA