Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hensat Ragu Bakal Ada Reshuffle dalam Waktu Dekat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 07 Maret 2023, 12:05 WIB
Hensat Ragu Bakal Ada Reshuffle dalam Waktu Dekat
Hendri Satrio/Ist
rmol news logo Presiden Jokowi diprediksi bakal rombak kabinet (reshuffle) pada Rabu Pon (8/3) besok. Siapa yang bakal didepak dari lingkaran istana?

Menjawab itu, pengamat politik, Hendri Satrio, justru meragukan bila dalam waktu dekat ini akan ada reshuffle kabinet.

Menurutnya, jika mengacu pada peristiwa besar terakhir, misalnya ada pejabat tinggi di Kemenkeu flexing, maka Sri Mulyani layak didepak dari istana, atau ada ledakan di Depo Pertamina Plumpang, Erick Thohir sebagai Menteri BUMN harusnya dipecat.

Meski begitu, kata Hensat, begitu ia akrab disapa, tidak ada aturan yang mewajibkan Presiden Joko Widodo harus mereshuffle kabinetnya karena peristiwa menonjol terakhir.

“Aturannya enggak tuh, yang mewajibkan presiden melakukan reshuffle berdasar kejadian-kejadian hot akhir-akhir ini,” kata Hensat, kepada Kantor Berita Politik RMOL, via sambungan telefon, Selasa (7/3).

Pendiri lembaga survei KedaiKOPI itu juga menambahkan, Jokowi mereshuffle kabinet atas dasar inisiatifnya sendiri. Bukan karena ada peristiwa besar yang dijadikan bahan evaluasi para menteri.

“Dia nggak butuh alasan untuk reshuffle, kalau dia mau, dia nggak suka, reshuffle aja. Jadi pertanyaan susah tuh, untuk menduga-duga siapa yang kira-kira akan direshuffle. Yang tahu Pak Jokowi sendiri lah,” tukasnya. rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA