Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Akrab di Jateng, Jokowi Lempar Sinyal Dukungan untuk Prabowo-Ganjar?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 09 Maret 2023, 17:09 WIB
Akrab di Jateng, Jokowi Lempar Sinyal Dukungan untuk Prabowo-Ganjar?
Momen kebersamaan Presiden Joko Widodo; Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto; Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3)/Net
rmol news logo Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Kebumen, Jawa Tengah dalam rangka panen raya padi, Kamis (9/3) kental beraroma politik 2024.

Apalagi, kehadiran Presiden Joko Widodo turut didampingi Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Ketiganya tertangkap kamera memperlihatkan kedekatan satu sama lain.

Dalam foto yang dipublikasi Sekretariat Presiden, tampak Jokowi dan Prabowo memakai kemeja putih. Sementara Ganjar yang juga menjabat Gubernur Jawa Tengah memakai seragam dinas cokelat.

Salah satu foto yang dipublikasi, ketiganya berada di area pematang sawah padi bersama masyarakat. Jokowi, Prabowo, dan Ganjar memperlihatkan suasana akrab dengan melempar tawa satu sama lain.

Momen ini sulit dilepaskan dari dinamika politik Tanah Air. Ganjar yang juga politisi PDIP ini dinilai sebagai sosok dekat presiden. Bahkan Ganjar juga digadang-gadang menjadi salah satu kandidat yang didukung Jokowi untuk maju di Pilpres 2024.

Sementara itu, Prabowo merupakan Ketua Umum Partai Gerindra yang sudah ditasbihkan sebagai bakal capres 2024 di internal partainya. Beberapa kali sinyal dukungan dilemparkan Jokowi untuk Menteri Pertahanan itu.

Salah satu yang cukup kentara adalah saat Jokowi dan Prabowo menghadiri Indo Defence Expo and Forum 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (12/8/2022) silam. Pada momen tersebut, Jokowi mengaku sudah lama sudah mendukung Prabowo.

Sinyal dukungan Presiden Jokowi ke Prabowo dan Ganjar sejalan dengan hasil survei beberapa lembaga.

Seperti simulasi Charta Politika Indonesia pada akhir tahun 2022, menyebut elektabilitas Ganjar-Prabowo mencapai 45,3 persen. Kamudian simulasi Indonesia Polling Station (IPS) di akhir Februari lalu menempatkan elektabilitas Prabowo-Ganjar tinggi, yakni mencapai 58,5 persen. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA