Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masyarakat Belum Mengungsi Paska Erupsi Gunung Merapi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 12 Maret 2023, 17:37 WIB
Masyarakat Belum Mengungsi Paska Erupsi Gunung Merapi
Gunung Merapi mengalami erupsi Sabtu (11/3)/Ist
rmol news logo Aktivitas paska erupsi Gunung Merapi, Sabtu (11/3) masih siaga. Masyarakat belum mengungsi dari kediaman mereka.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu ditegaskan Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi BNPB Abdul Muhari ketika dikonfirmasi Kantor Berita Politik RMOL melalui sambungan telefon terkait situasi terkini Gunung Merapi, Minggu (12/3).

"Hingga sore hari ini, BNPB masih berkoordinasi dengan BPBD Jawa Tengah. Masyarakat, belum ada yang mengungsi karena belum ada dampak secara langsung," kata Abdul Muhari.

Pihak BNPB juga telah melakukan koordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM untuk mencermati perkembangan aktivitas vulkanik Gunung Merapi terkini.

"Kami menunggu informasi dari PVMBG dan Balai Pemantauan Gunung Merapi untuk melakukan tindakan lanjut," katanya.

Informasi terbaru aktivitas Gunung Merapi mengalami penurunan paska erupsi kemarin, namun sebaran abu vulkanik meluas. BNPB mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius 7 km dari Gunung Merapi.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak beraktivitas dekat Gunung Merapi," tandasnya.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan Gunung Merapi erupsi pukul 12.12 WIB hari ini, Sabtu (11/3).

Dari yang video di unggah BPPTKG, terlihat muntahan awan panas menutupi Merapi. Video itu diambil dari stasiun CCTV Tunggularum-Sleman.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA