Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Beda dengan SBY, Jokowi Lebih Aktif Endorse Capres Jelang Lengser

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 13 Maret 2023, 10:10 WIB
Beda dengan SBY, Jokowi Lebih Aktif <i>Endorse</i> Capres Jelang Lengser
Momen kebersamaan Presiden Joko Widodo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Jawa Tengah/Net
rmol news logo Intensitas Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di sejumlah kunjungan kerja menunjukkan gelagat kepala negara ingin terlibat aktif di Pemilu 2024.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Gelagat Presiden Joko Widodo ini tentu berbeda jauh dibandingkan dengan presiden pendahulunya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang memilih tidak banyak bermanuver jelang Pilpres 2014 silam.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago kepada Kantor Berita Politik RMOL dalam merespons intensitas pertemuan Presiden Jokowi dan Ganjar beberapa waktu belakangan ini.

"Harusnya (presiden) memberikan ruang kepada semua calon presiden, tidak terlalu nampak signifikan mengendorse capres-cawapres," kata Pangi, Senin (13/3).

Menurut Pangi, kehadiran Ganjar di momen kunjungan kerja Presiden Jokowi di Jawa Tengah belum lama ini tak lepas dari jabatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah.

"Memang intens, dalam setiap agenda Presiden Jokowi sering ada momen bersama Ganjar. Bisa jadi karena Ganjar seorang gubernur dan Jokowi sebagai presiden. Mereka bertemu karena rutinitas kegiatan pejabat negara," jelas Pangi.

Namun momen kebersamaan Jokowi dan Ganjar tidak bisa dimaknai sesederhana itu. Jika ditelisik, intensitas pertemuan keduanya merupakan kode keras bahwa Jokowi memilih Ganjar untuk 2024 nanti.

"Kalau kita cermati, banyak kode keras dan tafsir bahwa Ganjar akan menjadi capres andalan Jokowi. Lebih banyak gelagat, sinyal arah dukungan Jokowi adalah Ganjar," tandas Pangi. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA