Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bahas Sistem Pemilu dengan PBB, PPP Bakal Manut Putusan MK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 13 Maret 2023, 17:36 WIB
Bahas Sistem Pemilu dengan PBB, PPP Bakal Manut Putusan MK
Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra dan jajaran bersama Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono melakukan pertemuan/RMOL
rmol news logo Sistem pemilu proporsional tertutup turut menjadi pembahasan dalam pertemuan antara Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono dengan Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra di Kantor DPP PPP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/3).

“Iya sempet kita bahas tentang landasan hukumnya,” kata Mardiono usai pertemuan.

Namun demikian, Mardiono menyebut pihaknya menunggu keputusan Makhamah Konstitusi (MK) mengenai sistem pemilu apakah akan dilakukan dengan proporsional terbuka atau tertutup. Pasalnya, hingga kini gugatan sistem proporsional terbuka masih digodok MK.

“Lagi-lagi kesimpulannya itu kan ada di tangan palunya MK,” tuturnya.

Mardiono menegaskan, jika MK mengabulkan gugatan sistem proporsional terbuka agar menjadi tertutup, maka pihaknya kan manut pada putusan MK tersebut.

“Ya pasti, karena itu adalah keputusan yang bersifat final gak akan bisa kita challenge lagi. Karena tidak akan ada lembaga peradilan lebih tinggi lagi dari keputusan MK itu,” kata Mardiono.

Namun hingga kini, Mardiono menyatakan pihaknya masih memegang sikap menolak sistem pemilu proporsional tertutup bersama tujuh fraksi parpol lainnya.

“Iya karena dari 8 partai koalisi di pemerintahan sudah menyatakan pendapat, menolak dengan pemilu sistem proporsional terutup. Tetapi pada akhirnya, apapun yang diputuskan MK tentu PPP akan taat azas,” tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA